Umbul Ponggok Klaten – Sensasi Snorkeling di Air Tawar #PesonaJawa Tengah

Kepastian sebagai peserta famtrip HUT Provinsi Jawa Tengah yang ke 66 dan tiket kereta pergi pulang Jakarta-Semarang sudah di tangan. Kusimpan baik-baik cetakan tiket di dalam ransel yang nanti akan kubawa ke sana. Setelah packing, aku mendekap ransel yang menjadi penuh berisi kamera, beberapa charger, pakaian, dan perlengkapan ‘perang’ lainnya sembari membayangkan perjalanan santai yang menyenangkan. Tapi apa yang terjadi selama famtrip ternyata beyond my expectations! :D

Adlin, Wulan, dan aku tiba di Semarang Tawang pada Sabtu dini hari. Karena waktu kedatangan molor selama 4 jam lebih, kami membatalkan berjalan-jalan di sekitar Kota Lama dan berangkat ke hotel tempat Kak Bulan sudah tertidur pulas. Bersama Wulan, kami menumpang tidur dan pada pagi harinya bersama-sama berangkat ke kantor Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah.

Peserta #FamtripJateng dalam rangka memperingati #66thJawaTengah #JatengGayeng
Peserta #FamtripJateng dalam rangka memperingati #66thJawaTengah #JatengGayeng

Pukul 8.30 kami berangkat dengan bus menuju UMBUL PONGGOK, KLATEN. Ikut pula staf dari Dinbudpar Jateng: Mami Ina, Mbak Yulia, dan Mas Fauzan yang mendampingi. Perjalanan pagi itu telah mengubah hidup mereka selamanya.

Berjam-jam di dalam bus yang nggak bikin bosan. Apalagi aku duduknya di samping Mami Ina, Maminya para Duta Wisata Jawa Tengah!
Salah satu #PesonJateng ada di Klaten: Umbul Ponggok!
Salah satu #PesonJateng ada di Klaten: Umbul Ponggok!

Umbul Ponggok berjarak 94,5 km dari kota Semarang. Menumpangi bus, kami menempuh jarak tersebut selama kurang lebih 3 jam. Tiba di lokasi, pemandangan di seberang pintu masuk terlihat sangat berbeda. Suasananya layaknya keramaian di pantai. Toko-toko penyewaan memajang alat snorkel, kaki katak, dan kostum putri duyung di depan toko-toko mereka.

Umbul Ponggok adalah salah satu kolam mata air yang dapat kita temui di Klaten. Ada beberapa umbul (mata air) lagi yang tersebar namun Umbul Ponggoklah yang sudah dikelola dengan baik secara swadaya masyarakat sekitar. Tak hanya airnya yang biru dan bening itu saja yang menarik perhatian pengunjung. Namun di dasar kolam telah disediakan pula beberapa properti seperti becak, sepeda motor, ayunan, bahkan tenda. Ikan-ikan yang terlampau sehat seukuran telapak kaki hingga selebar paha pun hidup pula di dalamnya.

Ikan-ikan yang dibiarkan tumbuh besar-besar dan jinak menjadi salah satu daya tarik di Umbul Ponggok.
Ikan-ikan yang dibiarkan tumbuh besar-besar dan jinak menjadi salah satu daya tarik di Umbul Ponggok.

Di pinggir-pinggir kolam, sudah dibangun kios-kios yang menjual berbagai macam kebutuhan pengunjung seperti penyewaan alat snorkel, pelampung, dan jasa pemotretan di bawah air. Kalau lapar, juga tersedia makanan berupa gorengan dan minuman dingin dan panas. Kalau kehabisan pulsa, ada pulsa online! Tak hanya snorkeling, pengunjung juga bisa menggunakan fasilitas seawalker bahkan scuba diving di Umbul Ponggok ini. Iya, kamu bisa diving di Umbul Ponggok!

Aku yang jarang sekali difoto, di sini malah minta difoto sama mas-mas fotografer underwater-nya. Enggak pernah lihat air sebening di Umbul Ponggok ini sih soalnya. Apalagi ada ikan besar-besar yang jinak berenang di dekat manusia. Pengen dibikin arsik deh!

Foto underwater umbul ponggok, bening jernih, selfi underwater umbul ponggok
Abaikan betisnya yang segede gaban itu. :))
Di beberapa lokasi di dalam kolam sudah disediakan pelampung dan kerangka besi untuk istirahat atau bermain-main di dalam kolam umbul ponggok, pesona jawa tengah, jatenggayeng, wisata klaten, wisata air tawar klateng umbul ponggok jawa tengah
Di beberapa lokasi di dalam kolam sudah disediakan pelampung dan kerangka besi untuk istirahat atau bermain-main.

Biaya retribusi masuk ke Umbul Ponggok ini murah saja. Hanya 10.000 per orang. Di dalam kita bisa menyewa perlengkapan berenang atau properti untuk berfoto di bawah air dengan harga yang terjangkau juga. Foto di bawah air dibandrol 30.000 per 30 menit maksimal 3 orang. Sewa properti seperti sepeda, laptop, motor mulai dari 30.000 hingga 100.000. Fotografer bawah air di Umbul Ponggok pun sudah paham sekali mengambil foto yang bagus.

Karena air umbul ini sangat dingin, melakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam sangat disarankan untuk menghindari kram otot. Dan selama di dalam air pun, kita harus banyak bergerak supaya tidak menggigil kedinginan. Dan yang paling penting adalah jaga keselamatan diri dan kebersihan Umbul Ponggok supaya #PesonaJateng tetap terjaga dan #JatengGayeng selalu!

Menggigil kedinginan setelah satu jam lebih berendam di umbul ponggok.
Menggigil kedinginan setelah satu jam lebih berendam di umbul.

42 thoughts on “Umbul Ponggok Klaten – Sensasi Snorkeling di Air Tawar #PesonaJawa Tengah

  1. Tapi foto betik-yang-segede-gaban itu paling kece Cit. Mungkin lebih kece lagi kalo ada putri duyungnya ya haha.

    Penasaran banget sama Umbul Ponggok (btw apa ya artinya 2 kata ini?), dulunya aku pikir ini lokasinya di tengah hutan, alami gitu, ternyata semacam kolam ya.

  2. Seru banget yah famtrip kemarin,
    Umbul Ponggok ini keren banget, bisa dapat ide seperti itu memamfaatkan foto underwater yang outofthebox, apalagi katanya wisata ini melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaanya. Kerenlah..

  3. mungkin, klo awak nggak baca sampe habis, udah ku komen, itu ikan mas kok ada dalam laut.. wkwkwk
    untungnya itu memang kolam renang kayak di mata ie :))

    btw, keren juga ya cit nulisnya. sigoe tak, dua pat luet :))

    1. Iya, Bang. Kalau ke Yogya atau Semarang atau Klateng, sempatkanlah ke Umbul Ponggok. Oh iya, ada updater terbaru. Per tanggal 1 September, harga tiketnya menjadi 15.000 per orang, Bang.

Leave a Reply | Ada Komentar? :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s