[Review] Ayo Mengenal Airsoft dan Jenis-jenis Airsoft Gun

 

Sumber foto: airsoftgun.co.id
Sumber foto: airsoftgun.co.id

Kawan-kawan ada yang sudah pernah mendengar airsoft sebelumnya? Kalau sudah pernah, pasti sudah tahu seperti apa bentuknya dan dipakai untuk apa. Bagi yang belum tahu, bukan… bukan senjata pelembut udara ya. Bukan juga soft*x apalagi softlense. Beda ya airsoft gun ini dengan kedua benda tadi. Hehe… #krik

Menurut Wikipedia, airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang menyimulasikan kegiatan militer atau kepolisian yang menggunakan REPLIKA senjata api yang disebut airsoft gun.

Permainan airsoft dimulai pertama kali di Jepang pada tahun 1970-an karena ketatnya peraturan izin kepemilikan senjata api kala itu. Dan airsoft gun hadir sebagai pengganti penggunaan senjata api asli. Permainan ini kemudian menyebar hingga ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Selain memiliki peraturannya sendiri, permainan airsoft juga memiliki jenis-jenis airsoft gun. Berikut ada beberapa jenis airsoft gun yang umum digunakan:

Airsoft Spring

Merupakan jenis airsoft dengan peluru yang ditembak menggunakan per. Per ini berfungsi sebagai pendorong peluru sehingga dapat menembak sasaran dengan akurat. Jenis airsoft gun yang satu ini banyak diadaptasi pada mainan jenis pistol.

Dengan airsoft spring ini, kamu mesti mengokang tiap kali akan menembak sasaran. Jadi memang cukup menyulitkan dan sedikit kerepotan saat menggunakannya. Dengan menarik kokang atau slide-nya, kamu sudah mengokang pistol dan tinggal menembakkan. Jika ingin menembak ulang, kamu harus mengokang lagi. Jadi satu kali kokang hanya untuk 1 kali tembakan dan 1 peluru.

Sumber foto: airsoftgun.co.id
Sumber foto: airsoftgun.co.id

Airsoft Elektrik

Cukup berbeda dengan jenis-jenis airsoft gun sebelumnya. Airsoft elektrik bisa dibilang sangat populer. Jenis airsoft ini didukung tenaga elektrik yang digerakkan motor atau dinamo elektrik. Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan dinamo berasal dari baterai.

Tenaga tersebut nantinya berfungsi menggerakkan pinion, kemudian pinion akan menggerakkan gearset yang dipasang. Gearset itulah yang selanjutnya akan membuat piston bergerak dan menarik per. Bila per sudah berada di ujung piston, maka peluru akan tertembak. Ringkasnya peluru akan tertembak dengan bantuan tenaga angin dari piston.

Airsoft Gas

Mainan replika senjata api jenis ini menggunakan gas bertekanan tinggi untuk mendorong peluru. Gas yang digunakan pada umumnya berjenis propana dan polysiloxane. Kedua jenis gas tersebut lebih familiar disebut green gas.

Sumber foto: airsoftgun.co.id
Sumber foto: airsoftgun.co.id

Namun, ada pula jenis green gas lain yang setara dengan gas CO2. Kelebihan airsoft gun jenis ini yaitu efek hentakan recoil atau blowback yang ditimbulkan. Banyak pengguna yang merasakan sensasi tersendiri saat memainkan jenis ini.

Sementara airsoft gas yang non blowback konon bisa lebih kencang kekuatannya lantaran tenaga gas tidak digunakan untuk blowback atau menggerakkan slide. Inilah mengapa 100% tenaga dapat digunakan untuk power.

Sumber foto: airsoftgun.co.id
Airsoftener???

Sebagai tambahan, sekarang ini banyak unit airsoft yang hadir dengan tanda Hop-Up. Apa artinya? Label tersebut menandakan adanya sistem Hop-Up yang disematkan pada airsoft gun. Fasilitas Hop-Up disematkan agar airsoft gun bisa menembakkan peluru dengan lebih akurat.

Hop-Up sistem itu sendiri merupakan suatu mekanisme sederhana pada airsoft yang memungkinkan peluru BB (Ball Bearing) bisa mencapai jarak yang lebih jauh. Hop-Up dibuat dari bahan karet yang berfungsi sebagai ganjalan di bagian atas barrel. Saat peluru BB ditembakkan, bagian atas BB menabrak ganjalan karet dan membuat peluru berputar ke atas.

Nah, kini kamu sudah mengantongi beberapa informasi jenis replika airsoft gun. Kira-kira airsoft gun apa yang akan kamu pilih? Setiap jenis yang ditawarkan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah unit airsoft gun sesuai dengan kebutuhan, prioritas, berkualitas, dan tentu saja sesuai dengan selera kamu.

Untuk informasi tentang hukum dan prosedur kepemilikan airsoft gun, tips membeli, dan informasi terkait lainnya, kamu bisa cek situs jual airsoft gun. Situs ini juga bisa menjadi rujukan untuk memilih airsoft gun yang kami inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang menyukai olahraga tantangan.

10 thoughts on “[Review] Ayo Mengenal Airsoft dan Jenis-jenis Airsoft Gun

  1. Kemarin anak-anak minta beliin kayak ginian nih, tapi belum aku ijinin solanya blum cukup umur, takut disalah gunakan

Leave a Reply | Ada Komentar? :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s