Nikmatnya Gangan Jalan Irian di Belitong

Aku biasanya kalau traveling berombongan itu paling tidak pedulian mau dibawa makan ke mana. Biasanya ‘iya’ saja jika diajak tuan rumah ke tempat makan. Seperti di suatu siang yang cerah di Tanjung Pandan, Belitong. Bang Edi, pengelola BelitungTours.com ini membawa aku dan keempat kawan yang lain makan siang dengan menu khas Belitong yang setiap menuliskan namanya saja air liurku sudah meleleh, yaitu Gangan!

Halaman sebuah rumah di Jalan Irian ini sudah disulap menjadi sebuah warung kecil yang ramai didatangi orang pada jam makan siang. Makanya kami datang lebih awal supaya kebagian tempat duduk.

Sebenarnya Gangan masih satu keluarga dengan Gulee Asam Keu’eueng alias Gulee Asam Padeh di Aceh dan Lempah Kuning yang di Bangka. Hanya karena penambahan beberapa bumbu ke setiap makanan itu yang menimbulkan rasa khas setiap dicecap lidah. Bagi penyuka rasa pedas, kamu bisa memesan Gangan Pedas ke ibu penjaga warung. Ikan yang dimasak dengan kuah gangan di warung ini adalah ikan merah. Rasa asam kuah kuningnya itu dipadu dengan rasa daging ikan yang lezat dan pedas yang mendominasi membuatku tidak berhenti menyendok kuah demi kuah hingga sendokan terakhir. Es jeruk dingin yang segar itu pun tak mampu mengurangi rasa nikmat dan pedas di lidah. Hanya sedikit meredakan rasa panas yang menjalar di dalam badan.

Nikmati satu paket gangan lengkap ini dengan harga lima puluh ribu rupiah saja.

18 thoughts on “Nikmatnya Gangan Jalan Irian di Belitong

  1. Itu ikan goreng bagian dr menu atau pemesanan terpisah. Tapi enak bener ya. Anugerah tinggal di kawasan deket laut adalah bisa menikmati segala sea food , makanan jenis ikan yg enak enak .

      1. Terlalu berempah banget & kentel, waktu itu aku makan di depan tanjung tinggi trus sempet makan di dynasty resto. Demen nya yg rasanya lite aja hehehe, tp sempet makan seafood nya di berage resto dan itu enak banget :-)

Leave a Reply | Ada Komentar? :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s