[Kuliner] Bu Sie Itek Bireuen di Banda Aceh

Terakhir kali aku makan gule bebek di Banda Aceh itu….2 tahun yang lalu! Sudah lama sekali ternyata. Itu pun kalau tidak diajak Opink pada waktu itu, mungkin juga tidak akan pernah tahu kalau ada penjual nasi gule bebek enak di kawasan Pasar Peunayong, Banda Aceh. Nah, suatu kali seorang kerabat mengajakku mencoba sebuah warung dengan menu yang sama di tempat yang berbeda. Dia mengajakku ke Bu Sie Itek Bireuen.

1-2013-06-29 20.23.22

Bu Sie Itek berarti nasi gule bebek dan ditambahkan nama kota Bireuen karena pemilik warungnya berasal dari sana. Warung yang beralamat di Jalan Teuku Umar, Seutui ini buka setiap hari mulai dari siang hingga malam hari. Dulunya tempat ini hanya dibuka pada malam hari saja. Sekarang bagi penikmat kuliner bisa datang saat makan siang atau makan malam. Selama bulan puasa, warung nasi ini hanya dibuka untuk berbuka puasa.

1-2013-06-29 19.58.06

Mungkin kalau gulai bebek ini adalah gulai bebek pertama yang aku cicipi, pasti kesan pertamanya seperti aku pertama kali mencicipi pancake durian. Tiba-tiba bengong dan mata berkaca-kaca ketika gigitan pertama karena saking enaknya. Kuah lemak kentalnya sangat kaya rasa rempah dan nikmatnya bikin merem melek. Iya, agak lebay ya ekspresiku. Haha…

 1-2013-06-29 19.58.00

Selain menu utamanya, Sei Itek, di sini juga tersedia ayam goreng. Uniknya, ayam goreng di sini dimasak seperti layaknya masakan ayam tangkap yang biasa disajikan di Rumah Makan Aceh Rayeuk, yaitu dengan cabe besar hijau, daun teumurui dan pandan. Ayam goreng ini pun wajib dicoba karena rasanya juga gurih dan bikin ketagihan. Ditambah lagi dengan daun teumuruinya yang renyah seperti kerupuk. Dan aku baru tahu kalau cabe besar hijau itu tidak pedas lagi setelah digoreng.

1-2013-06-29 20.03.00

Pelayanan di warung Bu Sie Itek Bireuen ini akan dihentikan ketika azan telah berkumandang. Tapi tamu tetap bisa datang dan duduk sambil menunggu hingga waktu pemesanan tiba setelah pemilik warung selesai sembahyang..

Jika datang pada malam hari, usahakan agar datang setelah magrib (19.00) agar tak kehabisan meja karena warung ini akan penuh sekali pada jam makan malam. Harga bu si itek hanya Rp.10.000,- dan ayam goreng  Rp.13.000,- per porsi sudah dengan nasi.

Bu Sie Itek Bireuen
Jalan Teuku Umar, Setui, Banda Aceh

24 thoughts on “[Kuliner] Bu Sie Itek Bireuen di Banda Aceh

  1. Cit..aku penggemar bebek nih, jadi kepengen bangettt hehe.. (tuh kan tambah pengen balik ke Aceh..hehe..)
    Awalnya pas baca judul ini, aku pikir Bu SI Itek adalah nama orang hahaha…ternyata bukan ya. :p
    Harganya terjangkau sekali ya. Itu kok bisa-bisanya harga bebek lebih murah dari ayam? Selama ini yang aku tahu, bebek selalu lebih mahal.

    Thanks for sharing ya. :)

Leave a Reply | Ada Komentar? :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s