Eksotisme Pulau Simeulue

Keindahan pulau Simeulue memang akan membuat decak kagum siapa saja yang melihatnya. Terlebih lagi kalau kita melihatnya dari atas kapal ferry yang memasuki teluk Sinabang. Pulau-pulau yang mengelilingi pulau Simeulue semakin cantik dengan sunrise yang menyinarinya.

b1

Saat-saat sunrise inilah pesona pulau Simeulue begitu menakjubkan.

b3

Keindahan ini yang membuat saya begitu semangat jika harus dinas ke kabupaten Simeulue. Tapi jika sudah sampai ke pulaunya, perasaan malas pun datang. Bagaimana tidak, jalanan kota Sinabang dipenuhi lubang dan jika cuaca sedang panas terik, debu beterbangan setiap kali ada kenderaan lewat.

Mari sekilas kita melihat keadaan kota Sinabang yang sekian tahun belum juga mengalami perubahan yang berarti sejak pertama kali saya datangi sekitar dua tahun silam. Beberapa foto di bawah ini berhasil saya rekam sebelum batere kamera saya habis. Hehe…

Pasar Baru
Pasar Baru

Dulunya, sebelum bangunan ini dibangun tempat ini adalah pasar tradisional yang kemudian digusur karena pembangunan. Sampai sekarang bangunan baru tersebut belum juga digunakan.

Mesjid Agung
Mesjid Agung

Adalah mesjid tertua di Sinabang. Bangunannya masih terbuat dari papan dan sangat sederhana sekali. Letaknya berdekatan dengan pelabuhan penyeberangan ferry dan berhadapan dengan Polsek Simeulue Timur.

Polsek Simeulue Timur
Polsek Simeulue Timur

Mengapa saya juga mengupload foto kantor Polsek ini? Karena beberapa hari yang lalu saya menerima sms dari salah satu pembaca blog ini dan bertanya tentang keamanan di kota ini. Saya menjawab tidak perlu khawatir deh di sini. Keamanan terjamin. Cuma kesehatan yang harus dijaga sendiri. Ga mungkin orang lain yang menjaga kita. :)

Pertokoan (1)
1
Pertokoan (2)
2

Dua foto di atas merupakan pusat pertokoan dan warung di kota Sinabang. Pada foto nomor 2 ada bangunan berkubah yang belum selesai. Katanya bangunan itu bakal gedung Islamic Center di daerah ini.

Bekas kebakaran
Bekas kebakaran

Terjadi pada bulan Februari 2009 lalu. Hingga kini sudah beberapa toko yang kembali dibangun. Kebakaran terjadi diduga dari ledakan tabung gas.

27042009 012Beginilah suasana di salah satu bekas pertokoan bekas tsunami yang ditempati oleh pedagang kaki lima.

27042009 013Pemukiman penduduk yang masih bersebelahan dengan pusat pertokoan. Di sini rumah-rumahnya rapat-rapat sekali dan hampir semua bangunannya terbuat dari bahan papan.

Zona Debu
Zona Debu

Kita memasuki daerah paling berdebu se-Sinabang! Bagi pengendara motor siapkan helm dan masker penutup hidup karena debu yang beterbangan bisa menyebabkan ISPA! Pada sisi kanan ini jalanannya beraspal sampai 200 meter ke depan dan jalan selanjutnya kembali berlubang dan penuh debu jika dilewati. Pada sisi kiri memang sudah hancur lebur, penuh lubang dan debu.

Padahal jalan ini merupakan jalan utama menuju pusat perkantoran dan bandara Lasikin. Syukurnya proyek pengerasan pada ruas jalan ini sudah berakhir. Warga dan wisatawan pun bisa berlalu lintas dengan aman dan nyaman. Saya yakin ke depannya Pulau Simeulue dapat menyaingi ketenaran Pulau Weh. Karena di Pulau Simeulue juga terdapat pantai sebagai lokasi surfing dan dapat meningkatkan kedatangan para wisatawan luar negeri. Karenanya pemerintah kabupaten Simeulue harus segera berbenah dan meningkatkan pelayanan untuk dapat bersaing dengan daerah lain dalam menggerakkan program Visit Aceh.

48 thoughts on “Eksotisme Pulau Simeulue

    1. AKU ANAK SINABANG…..AKU SNGAT SKA LIAT NYA UYEA….-AQU JA JA2U KE JAKARTA UNTUK MEMBANGUN JUGA SINABANG MAG UDA KEWAJIBAN KITA.SBAGAI ORG/DRA SINABANG.

  1. kewreeeen banget foto2nya. Wah, engga nyangka deh, ternyata citra jago foto2 juga ya. Hmmm, kapaaan ya bisa keliling2 aceh?

  2. Salam

    Kelihatan dari gambar, sungguh simeulue punya potensi unggulan di bidang pariwisata.
    bagaimana pengembangannya selama ini?

    Semoga gambar yg menarik tersebut bukan karena pencitraan(pemotretan) yang bagus, karena pemotret yang profesional, tapi karena memang kondisi di lapangan seperti itu, semoga saja.

    sepengetahuan saya, simeulue memang sangat potensial tuk dijadikan kawasan ekonomi terpadu, terlebih dalam dua bidang, yaitu pariwisata dan perikanan/kelautan.

    Hanya saja selama ini saya menilai, keunggulan2 tersebut kurang terexpose ke dunia luar, semoga ke depan bisa berubah, dan tentunya perubahan yg sifatnya posititif.

    Di harapkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan cita2 kita ini, tentunya juga sebagai cita2 masyarakat Simeulue Ate Fulawan.

  3. aku juga ORANG SIMEULUE… YA UDAH LAMA LAH BELUM KE SANA LAGI.. SEKITAR 8 TAHUN YG LALU… AKU JUGA KANGEN BETUL SAMA KELUARGA KU YG DISANA…NAMAKU ANI..!

  4. saya merasa bangga jadi anak simeulue…
    kana di dalam nya terdapat keindahan yang belum tentu di dimiliki
    oleh daerah-daerah lain.

    dan rupannya setelah saya baca d sebua BLOK,bahwa perut
    pulau simeulue mengandung aset yang sangat besar yaitu:
    TAMBANG MINYAK yang sangat besar bahkan melebihi TAMBANG MINYAK
    yang di ARAB SAUDI.

    saya: LUTFAN DONI.
    akan memikirkan cara untuk mengkelolah nya….
    agar bukan orang asing yang mengkelolah nya..

    “simeulue akan di genggam oleh anak simeulue sendiri
    bukan orang luar,kita harus jadi SUTRADARA bukan penonton”

    …………….SEKIAN…..

    anak simeulue kulia di BOBOR
    jurusan MANAJEMEN PEMASARAN.

    1. Ia doni aku juga da tau lama tentang itu tp bagamana mengelolanya ya don, aku memang buakn anak simelulue asli tapi aku di besrkan di pulau tersebut, skr aku kerja di medan

  5. salam kenal…Simeulue nan Indah, hal inilah yang pantas kita sebut untuk ekspresi Simeulue Ate Fulawan. baru2 ini aku baru saja kembali dari simeulue karena ada keperluan keluarga, dengan kembalinya saya ke simeulue banyak hal yang sudah berubah dari tahun sebelumnya tapi ada beberapa hal yang masih sedikit kurang dan mungkin harus kembangkan, yaitu potensi wisata.Seperti kita ketahui simeulue memiliki potensi wisata yang sangat banyak salah satunya kita sebut aja pantai alus-alus yang terkenal dengan ombaknya yang sangat besar tetapi sayang aset yang sangat indah tersebut dibiarkan begitu saja tanpa ada pengelolaan yang baik sehingga terkesan terabaikan, dan masih banyak aset-aset lainnya. Harapan kita adalah agar semua potensi wisata yang ada disimeulue sebaiknya dikelolah dan dpromosikan agar potensi tersebut dapat bermanfaat untuk pengembangan simeulue yang akan datang…Aminnn….kunjungi http://www.teukupetra.co.cc

  6. saya adalah mahasiswa simeulue yang kulya dibanda aceh.
    setelah mendengar dan membaca informasi tentang adanya wacana/rencana pendirian universitas di kab.simeulue, maka berbagai upaya pun saya lakukan, saya dalam medukung program ini. mudah-mudahan dapat terwujud dengan segera.
    saya yakin rakyat simeulue akan segera keluar dari kemiskinan ilmu,yang mempengaruhi moral, dan demi kemajuan masa depan daerah simeulue khususnya di masa mendatang.

    saya berharap sangat kepada pemerintah pusat propinsi dan pemerintah kita semoga dapat di tanggapi.

  7. Kira2 2012 Simeulue bener2 tinggal landas nggak ya???
    Tapii…kek_y nggak yakinlah kalau liat keadaan Simeulue sekarang…
    Simeulue butuh perubahan!!!!!!

  8. salam rindu anak rantau sinabang…..semoga sinabang menjadi pulau yang maju dan berkualitas dan mampu bersaing dengan kabupaten-kabupaten yang lainnya……..tunggu aku sinabang….aku akan memberikan inovasi dengan ilmu yang aku tuntut di luar sinabang……sinabang aku rindu pada mu…

  9. Assalamu’alaykum wr wb…
    bip..bip..bip…
    mau nanya dunk…
    simelue ama sinabang bedanya apa…????

    _syukran_

    Atjeh_Boy

    1. Waalaikumsalam Atjeh Boy

      Simeulue adalah nama pulau dan juga nama kabupaten yang beribukotakan Sinabang. Pusat aktivitas pemerintahannya adalah di kota Sinabang tersebut. :)

  10. mari kita bangun simeulue bersama2 dengan penuh rasa tanggung jawab.. jadikan simeulue sebagai pulau yg populer tempat wisata….

  11. Wahh ada simeulue.. cuma sekali kesana krn kerjaan. Alamnya indah. Sayang transportasi kesana cukup sulit. Sy naik sushi air PP ke Simeulue bersama lobster2. hehe.. Bandara yg bagus, tp tak ada kehidupan. Karena transportasi yg sulit u/ keluar masuk pulau, harga barang2 dan makanan jd cukup mahal.

    Oia, sulitnya transportasi juga mempengaruhi uang2 yg beredar di pulau ini. Sulit menemukan uang kertas dgn kondisi baik disini. Mungkin karena perputaran uang disitu2 saja. Sinyal telpon pun hanya ada di daerah2 tertentu, spt sinabang.

    Pantainya indah, cocok u/ surfing. Serunya bukan bule2 yg sedang berjemur di pinggir pantai, tp kerbau.
    Sejak program pasca tsunami di pulau ini, jalan2 besar sudah dibangun..

    Akomodasi juga perlu ditingkatkan. Ketika berjunjung kesana, penginapan yg paling bagus hanya ada sekelas melati, Hello Mister namanya klo tdk salah..
    Senangnya klo bs kembali berkunjung ke Simeulue. Semoga sdh banyak perubahan yg lbh baik ketika kesana lagi. Pantai yg bagus, orang2nya juga ramah..

  12. Simeulue memang luar biasa indahnya…..
    pulau dengan laut bebas yg indah,saya lom pernah melihat laut seindah ne
    pantai yg masih alami,laut biru dgn beberapa pulo kecil diatasny
    sajauh mata memandang seakan2 lautan menyatu dgn atap bumi ini
    saya masih sebulan dipulo ne,mencerdaskan anak bangsa dismp 3 simeulue barat,tp tuk menuju kesana harus melewati jln yg bisa membuat pinggang trasa sakit
    saya rindu merekalah nantiny yg membangun pulau ne,,menjadi daerah yg maju di bidang pendidikan,apalagi pariwisata
    hiduuuup simeulue

  13. Gani siregar dolu bapak ibu saya merantau kesana dari padang sidempuan sblum saya lahir ya maksud mereka beli kbun cengke akhirnya mereka jadi menetap di sana sampai saya berumur 13 tahun baru mereka punya rezki untuk kembali lagi ke sidempuan…… ya bgitula saya ungkapkan ingatan saya untuk tumpah daraku sinabang panjang bana curitonyo kenangan ini karena sdngan kini saya tdak bisa melupakan pulau simelue ku nan rancak . Kalau di tanya kerinduan ala sangat la rindu tapi apola dayo awak indak bapunyo mamak, uuak da ulu ambo lahi di suak bulu alaitu barula aya umak pinda ka gunung batu sampai ambo baumu 6 taun labi kurang

  14. Gani siregar : semasa kami bermukim di sinabang tepatnya di desa airdingin ya banyak sekali kenangannya yang bila teringat dan membayangkannya bisa bisa tidak saya sadari airmata saya mengalir kare na rindunya rasa hatiku sangat ingin menginjakkan kaki di desaku airdingin yang begitu banyak kenangan pahit maupun manis. laut teluknya yang strategis banyak pesona pagi maupun sore hari. Tapi itu tinggal kenangan entah kapan saya bisa kembali mengunjunginya.? Tolong sampaikan kenangan ini pada teman ku yang ada di sana aku sangat rindu desaku dulu. Salam saya gani siregar

  15. apalah arti sebuah benda yang kecil jika dibandingkan dengan yang besar.
    sadarlah wahai anak pulau, jangan hanya mencintai dan merindukan pulau mu, tapi..!! cintailah dan rindukanlah masyarakat mu yang disana..!!

  16. Assalamu’alaikum.. buat kak Citra Rahman saya sangat senang dengan artikel yang kakak tulis ini. semoga tulisan nya lebih banyak lagi yang memuat tentang pulau simeulue. Benar memang keindahan yang masi menjadi mistery of simeulue island menjadi harapan kita bersama untuk dijadikan suatu kebanggaan tersendiri dan kiranya kemajuan dari semua seginya adalah suatu yang harus diusahakan, menjadi kewajiban Pemerintah dan masyarakat.

  17. Saya dulu sekolah SD s/d SMP di Sinabang selesai th 1970, melihat foto foto ini keadaan sudah jauh berbeda dengan waktu saya masih di Sinabang, jadi teringat akan kenangan waktu masih sekolah, teman dan keluarga masih banyak disini jadi ingin ke sinabang

  18. perkenalkan saya alianis atau anes, dulu saya pernah merantau ke sinabang ( Pulau Simelue) pada tahun 1981 s/d 1987 disana saya tinggal di desa suka jaya persisnya di PT. Bentoel ( gudang penyimpanan cengkeh). awalnya saya ke sinabang ingin merubah nasib yang mana pada saat itu pulau tersebut mempunyai penghasilan yang begitu besarnya dari hasil pertanian cengkeh, sebelum saya bekerja di PT Bentoel tersebut susah dan senang selama disana sudah saya jalani,tetapi walaupun demikian saya selalu merasakan sesuatu yang indah selama saya disana walaupun pada awalnya saya pernah bekerja dengan tenaga seperti : memanjat cengkeh, kuli bangunan, dirumah makan dan sampai saya bekerja disalah satu perusahaan swasta yaitu di PT Bentoel. dan pada tahun 1987 saya kembali ke medan dan sampai saat ini saya bertempat tingagal di jl.garu 2 b Gg. Rambe no. 10 Medan bagi yang masih ingat dengan saya dabat menghubungi no. hp 085270821222

  19. Saya nggak pernah melupakan sinabang kota yang pernah saya hidup disana,setiap ada berita, baik di media cetak maupun media elektronik saya selalu mengikuti berita2 tersebut bahkan saya merasa sedih apabila bencana menimpa pulau simelue.begitu banayak kenangan yang indah selama saya disana walaupun suka dan duka selama disana dan saya selalu menceritakan kepada anak2 saya dan teman2 tentang pulau simelue yang penuh kenangan.salam rindu selalu buat sinabang dan salam rindu buat Erliana kesuma HK dan keluarga di desa Suka Jaya depan PT. Bentoel dan salam rindu buat ina di Desa Suka Makmur. salam bang anes sekeluarga semoga kalian disana selalu dalam lindungan Allah SWT dan sehat semuanya Amin…

  20. Kami sekeluarga pun perna ke sinabang ada beberapa desa yg kami tempatin…ganting..lantik alafan…adik q yg paling kecil lahir d lantik….
    Walaupun km uda lm pulkam k sibolga(sekarang sy d pulau bintan)
    Tapi kerinduan tuk k sinabang lg…tak berkurang..tp ape daya…rizky….blm mendukung….

  21. Bang citra….ada meliput tentang ganting…..????atau lantik…..dulu sy perna bersekola d sd lantik / sarifa yg dekat masjid….kangennnnn banget sama yg di sana seisi isi nya……km di sana thn 80 sampai thn 87.
    Walau pun 7 thn….tapi tak bisa di lupakan……

Leave a Reply | Ada Komentar? :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s