Waktu kecil dulu. Kalau saya atau saudara-saudara kandung saya sedang rewel, ayah dan mamak selalu menakut-nakuti kami dengan cerita Orang Saleh. Tangisan sekeras apapun juga pasti langsung membuat kami diam kalau mereka sudah menyebut Orang Saleh!

Orang Saleh itu adalah seseorang yang tinggal di gunung yang letaknya sangat dekat dengan kampung kami. Orang Saleh ini dalam cerita orang tua saya akan datang ke rumah jika ada anak-anak yang rewel atau menangis pada malam hari. Lalu membawanya ke tengah rimba sana. Kakak saya adalah orang yang paling takut dengan tokoh rekaan orang tua kami ini.

Kalau saya, waktu kecil dulu sangat takut dengan Siamang! Ayah sering menakut-nakuti saya dengan mengatakan “Diam, jangan nangis lagi. Nanti datang siamang, diambilnya Ita. Mau?” Begitu kata ayah dengan ekspresi yang menakutkan. Pada jaman saya kecil-kecil dulu, suara siamang itu menggema dan terdengar hingga ke rumah. Tapi sekarang saya rasa populasi mereka sudah jauh menurun karena terus diburu. Suara-suara khasnya pun tak lagi terdengar.

Author

0 comments

  1. Hahaha..takut ama Siamang Cit?
    Eh..d rumah aq ada tuh 2 ekor.
    Waktu datang ke rumahku ada dngr atw liat ga di garasi??
    _______________________
    waktu itu cuma ada satu, kata Bapak yang satu lagi tinggal di singkil. begitu katanya. Hahhhh..kapan ya manusia-manusia sadar akan pentingnya binatang-binatang itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.