Bagi para pelari hobi atau juga disebut dengan casual runners, memiliki jam tangan lari itu cukup membantu untuk merekam dan menghitung pace, jarak berlari, jumlah kalori, dan heart rate saat berlatih atau ketika sedang mengikuti race.

Dengan mengetahui kecepatan berlari rata-rata, kita dapat memegang kendali seberapa kencang kita akan berlari dan dapat menentukan berapa jumlah waktu untuk menyelesaikan suatu race dan mendapatkan personal best yang diinginkan.

Seiring makin populernya olahraga lari, perlengkapan untuk memenuhi semua kebutuhan pelari juga semakin beragam dan banyak sekali jenis dan mereknya. Tentu saja dengan harga yang berbeda-beda pula. Untuk jam tangan lari, semakin mahal, semakin canggih fitur-fiturnya, semakin tinggi pula nilai prestisenya.

Kalau aku sendiri lebih mementingkan fungsi utamanya sebagai alat penunjuk waktu dan informasi kesehatan dan teknis yang kubutuhkan saat berlari. Karena berlari buatku adalah hobi yang sifatnya rekreasional, tentu aku akan memilih jam tangan pria terbaru yang tak terlalu mahal. Cukup untuk menghitung jarak, pace (kecepatan rata-rata), kalori, dan sebagai penunjuk waktu jika dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Running watch
Running watch

Untuk race yang jaraknya lebih panjang dan membutuhkan waktu finish yang lebih lama memang membutuhkan running watch yang spec-nya lebih tinggi. Untuk pelari yang sering race Half Marathon (21 km) ke atas, kusarankan untuk meng-upgrade jam tangan pria terbaru atau running watch-nya yang memiliki daya baterai yang lebih besar.

Dari banyak jenis lari yang sekarang digandrungi masyarakat di Indonesia, jenis-jenis running watch pun mulai beragam. Selain road race, ada pula trail run yang diramalkan akan populer beberapa tahun ke depan menyaingi road race. Running watch untuk trail run ini tentu memiliki fitur yang lebih canggih lagi. Tak hanya menghitung jarak dan waktu, tapi juga bisa menghitung ketinggian, cuaca, dilengkapi peta, hingga fitur berbagi ke sosial media.

Fenomena running gear ini menjadi tema yang menarik dalam perbincangan antar sesama teman pelari. Karena kini memiliki running gear telah menjadikannya sebagai salah satu produk fashion yang diminati banyak pelari hobi. Selain karena fungsi utamanya, running watch yang keren juga bisa dipakai untuk gaya atau menunjukkan status sosial pemakainya.

Jam tangan pria terbaru sebagai penunjang aktifitas olahraga.
Jam tangan pria terbaru sebagai penunjang aktifitas olahraga. (Credit photo: Dicko)

Hal yang sama juga tak jauh berbeda dengan pemilik outdoor watch. Jam tangan ini banyak digunakan oleh para penggiat olahraga dan kegiatan ekstrem di alam liar. Namun dapat juga digunakan untuk acara-acara yang bersifat kasual.

Harganya juga beraneka ragam. Mulai dari yang ratusan ribu hingga belasan juta rupiah tergantung brand dan tipenya. Dari segi daya, jam tangan outdoor lebih tahan dibandingkan dengan jam tangan khusus lari. Namun dari segi gaya, jam tangan outdoor jelas punya lebih banyak penggemar karena bisa digunakan oleh banyak kalangan.

Selain itu jam tangan pria terbaru sekarang ini modelnya pun ada banyak sekali pilihan, ada yang analog dan ada pula yang digital. Sedangkan harganya juga lebih terjangkau dibandingkan running watch. Ketahanan fisiknya pun tentu teruji dalam segala medan.

Jam tangan pria outdoor untuk kegiatan ekstrem di alam liar.
Jam tangan pria outdoor untuk kegiatan ekstrem di alam liar.
Tetap tampil gaya dengan jam tangan outdoor pria terbaru.
Tetap tampil gaya dengan jam tangan outdoor pria terbaru. (Credit photo: Dika)

Jam tangan outdoor memungkinkan kita untuk mengganti tali jam sesuai model dan material yang kita sukai karena ada banyak motif modifikasi yang unik-unik dan keren.

Setiap pemilik jam tangan di atas biasanya akan mencerminkan karakternya sendiri. Pemilik running watch menunjukkan kesan sporty sedangkan pemakai jam tangan outdoor mengesankan jiwa petualang. Namun apa pun pilihan jam tangan yang ingin kamu beli nanti, sesuaikan dengan kemampuan dompet kamu ya… 😉

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.