Pratitou Arafat dan beberapa lukisannya di Museum Tsunami Aceh

Pratitou Arafat adalah salah satu pelukis muda Aceh yang di hari sabtu lalu (09/06) mengadakan pameran lukisannya di Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh.  Pameran ini menjadi salah event untuk mengenalkan adat, sejarah dan budaya Aceh. Pameran lukisan Titou ini bertemakan masa kecilnya yang penuh warna. Titou menyebutkan lukisan-lukisan yang dipamerkan merupakan memori masa kecilnya sejak berumur 5 tahun.

Lukisan-lukisan di atas menggambarkan rutinitas sehari-hari masyarakat Aceh yang masih dapat kita jumpai saat ini di beberapa daerah. (Foto lukisannya agak buram karena snapshot dari video)
Beberapa lukisan yang menggambarkan hari-hari penting rakyat Aceh. Khanduri Molod (Maulid Nabi) dan pernikahan.

Lukisan-lukisan dari memori Titou ini mampu turut mengungkit masa kecil ku. Seperti lukisan Khanduri Molod (Kenduri Maulid Nabi), di masa kecil dulu, aku pernah ikut beberapa kali merayakan kenduri tersebut di kampung-kampung tetangga. Keramaian dan kemeriahannya terlukis jelas di sana.

Semoga langkah Titou ini dapat menginspirasi seniman-seniman Aceh lainnya untuk mulai dan terus berkarya. Semoga Titou juga tidak berhenti di satu pameran ini saja ya.. 🙂

Author

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.